Merenungi semua yang telah terjadi begitu cepatnya bahkan kata tak bisa diucapkan, the flash kesiangan dan matahari yang buru-buru untuk kembali pulang. Benar katanya kita tidak bisa memperkirakan masa depan hanya bisa berencana tanpa tahu sebab dan akibat yang nantinya akan kita lalui. Tentunya ditambah dengan adanya masa lalu yang tetap menghantui dan saat ini yang amat teramat menyakitkan untuk dijalani. Semuanya ada dipikiranku bercampur aduk berpadu satu tapi anehnya tetap tidak sinkronis untuk mencari yang orang sebut jalan keluarnya itu. Terpilihlah jalan yang menurut pengamatan serta perencanaan yang masih setengah matang ini adalah jalan keluar, disaat semuanya telah terlalui datanglah entitas penyesalan. Dia selalu datang paling akhir tapi sangat merepotkan kini dan nanti. Dia tidak mengerti arti dalam sebuah proses, perjalanan maupun kerja keras yang dilalui hingga mencapai titik ini. Yang ada hanyalah meninggalkan luka yang deritanya tiada akhir. Bahkan jika kita yang berakhir belum tentu lukanya akan berakhir. Karena memang dunia adalah penjara bagi orang-orang yang berdosa ini. Bukan suatu alasan bagi kita tercipta disini. Pastinya ada sesuatu yang harusnya dimengerti dan dipahami kenapa adanya kehidupan di titik biru yang melayang hamparan lembar tak berujung. Mungkin ada yang bahagia, ada yang sedih, ada yang menyesali, ada yang pasrah dan serta yang marah berada di tempat terendah yang bebas kita lakukan walaupun ada ganjarannya masing-masing. Akhirnya semua berlalu cepat tanpa disadari tapi pikiran dan perasaan ini melambat sepanjang malam ini. Lalu akan kembali lagi dan ya kembali lagi dengan malam yang panjang. Dan sekarang hanya bisa bersyukur dengan hidup ini atas sesuatu yang lambat dan cepat yang kita alami.
Pengertian
- Mengatur persyaratan fungsional.
- Model tujuan interaksi sistem / aktor (pengguna).
- Menjelaskan satu alur peristiwa utama (skenario utama) dan kemungkinan aliran luar biasa lainnya (alternatif), juga disebut skenario jalur atau pengguna.
Manfaat
- Use case dapat membantu mengelola kompleksitas proyek besar dengan mempartisi masalah menjadi fitur pengguna utama dan dengan menentukan aplikasi dari perspektif pengguna.
- Digunakan untuk mengidentifikasi siapa yang berinteraksi dengan sistem dan apa yang harus dilakukan sistem.
- Skenario use case, sering diwakili oleh diagram urutan, melibatkan kolaborasi beberapa objek dan kelas, use case membantu mengidentifikasi pesan (operasi dan informasi atau data yang diperlukan - parameter) yang merekatkan objek dan kelas menjadi satu.
- Karena use case mudah dipahami dan memberikan cara yang sangat baik untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan pengguna karena ditulis dalam bahasa alami.
Komponen
- Aktor
Aktor biasanya adalah individu yang terlibat dengan sistem yang ditentukan sesuai dengan peran mereka. Aktor dapat menjadi manusia atau sistem eksternal lainnya. - Use Case
Sebuah use case menggambarkan bagaimana aktor menggunakan suatu sistem untuk mencapai tujuan tertentu. Kasus penggunaan biasanya dilakukan oleh pengguna untuk memenuhi tujuan yang menggambarkan aktivitas dan varian yang terlibat dalam mencapai tujuan. - Relasi
Relasi antara dan di antara para aktor dan use case.Ada beberapa relasi yang terdapat pada use case diagram: - Association, menghubungkan link antar element.
- Generalization, sebuah elemen yang menjadi spesialisasi dari elemen yang lain.
- Dependency, sebuah elemen yang bergantung beberapa cara kepada elemen lainnya.
- Aggregation, bentuk assosiation yang di mana sebuah elemen berisi elemen lainnya.
- Batas Sistem
Batas sistem mendefinisikan sistem keterkaitan hubungan dengan dunia di sekitarnya.
Struktur Relasi
- IncludeInclude adalah relasi yang berisi kelakuan yang harus terpenuhi agar sebuah event dapat terjadi, dimana pada kondisi ini sebuah use case adalah bagian dari use case lainnya.
- Extend Extend adalah relasi yang berisi kelakuan yang hanya berjalan di bawah kondisi tertentu.
- Abstract dan generalizedUse case yang umum biasanya adalah abstrak karena mengandung informasi yang tidak lengkap. Agar lengkap dibutuhkan generalisasi agar lebih lengkap dan jelas di dalam dokumentasinya.
Last But Not Least
Demikian yang sudah tertera merupakan penjelasan secara singkat tentang use case diagram. Gue sangat berterima kasih untuk adanya masukan dan saran. Terima kasih sudah membaca. Semoga hari kalian menyenangkan. byee~
Sumber
Berikut adalah penjelasan untuk bagaimana cara membuat bot di Discord:
Membuat Akun Developer Discord
Untuk langkah pertama kita langsung saja menuju link memasuki akun Developer Discord dengan mengklik Link, kita akan dibawa menuju link tersebut. Selanjutnya kita hanya tinggal masuk menggunakan akun Discord yang biasa kita gunakan, jika belum mempunyai akun Discord kalian bisa mendaftar terlebih dahulu dengan mengklik register dibawah login.
Membuat Aplikasi Pertama di Discord Developer
Setelah berhasil membuat aplikasi. Maka hal yang kalian harus perhatikan yaitu CLIENT ID DAN CLIENT SECRET. Karena ini sangat penting di aplikasi kalian jangan sampai ada orang yang tidak bertanggung jawab memilikinya. Karena kedua hal tersebut adalah akses penuh terhadap aplikasi kalian.
Langkah selanjutnya yaitu membuat Bot. Klik tab Bot yang berada di bagian kiri tampilan website lalu klik Add Bot sampai muncul tampilan seperti di bawah ini.
Hal yang harus kalian perhatikan lagi yaitu TOKEN yang kalian punya untuk Bot kalian. Simpan dengan baik dan jangan sampai ada orang yang tidak bertanggung jawab mengakses token kalian.
Menambahkan Bot ke Server
Langkah selanjutnya yaitu menambahkan Bot kedalam server yang kamu inginkan. Klik tab OAuth2 yang berada di bagian kiri website. Lalu akan muncul tampilan seperti di bawah ini.
Lalu scroll website sampai menemukan tabel scope seperti dibawah ini.
Dibawah tabel tersebut ada link yang dimana merupakan link untuk mengundang Bot kedalam server. Tapi sebelum menyalin link tersebut kita harus mengkonfigurasi terlebih dahulu peran bot yang nantinya akan dipakai di server tersebut. Secara umum konfigurasi yang saya gunakan sebagai berikut dan bisa berubah sesuai peran yang kita inginkan
Last But Not Least
Itulah cara untuk membuat Bot di Discord. Untuk mulai menjalankan bot dan mulai mengatur jalannya bot akan saya sampaikan di lain kesempatan. Gue sangat berterima kasih untuk adanya masukan dan saran. Terima kasih sudah membaca. Semoga hari kalian menyenangkan. byee~
Dibalik Proyek ini
Last but not least
Last but not least
Last but not least
SBMPTN
![]() |
Photo by Maxwell Nelson on Unsplash |
Masalah Pemilihan Program Studi dan Universitas
Penilaian SBMPTN
- Jika jawaban benar, mendapatkan penambahan 4 poin.
- Jika jawaban salah, mendapatkan pengurangan 1 poin.
- Jika jawaban tidak dijawab atau kosong, maka tidak ada penambahan ataupun pengurangan poin.
Hal-hal Sebelum Hari Ujian
Last But Not Least